Powered By Blogger

Selasa, 05 Januari 2016

Tugas 8 : Psikologi Managemen (Review Jurnal tentang Job Enrichment)


KELOMPOK SEMANGKA   :
1.     Amylia Arifin                   ( 10513806 )
2.     Dicky Noviandi R             ( 12513423 )
3.     Hendra Setiawan              ( 14513020 )
4.     Ikhasan Zakaria               ( 14513257 )
5.     Widya Djaati                    ( 19513267 )


Kelompok kami akan mereview jurnal yang bertemakan Job Enrichment. Jurnal yang kami pilih : “Pengaruh Job Enrichment Terhadap Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Karyawan Pizza Hut Surabaya”. Link : http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/viewFile/2831/2538 diakses tanggal 04 januari 2016
Silahkan klik link tersebut untuk mengetahui Jurnal yang kami review. Terima kasih J

TUGAS REVIEW JURNAL PSIKOLOGI MANAGEMEN
Jenis Penelitian          : Penelitian Kuantitatif dan Hubungan Kausal
Nama Penulis             : Carissa Faustina Gondosiswanto, Silvia Florencia
Judul Jurnal                : Pengaruh Job Enrichment Terhadap Motivasi Kerja 
                                     dan  Kepuasan Kerja Karyawan Pizza Hut Surabaya


A.    Latar Belakang
Pentingnya manajemen sumber daya manusia dalam organisasi menjadi permasalahan utama yang dihadapi banyak organisasi khususnya di bidang bisnis. Kemampuan menghadapi tantangan pada sebuah organisasi tergantung pada kemampuan dalam mengatur dan mengelola sumber daya manusianya karena sumber daya manusia inilah yang akan menjadi competitive advantage dari sebuah perusahaan. Seperti yang diutarakan oleh Porter (2008). Permasalahan yang muncul terletak pada bagaimana mempertahankan karyawan untuk tetap dapat bekerja sesuai dengan tuntutan yang ada, dan selalu bersemangat dalam setiap pekerjaannya (Kartika, 2010). Salah satunya dengan cara melakukan job enrichment terhadap karyawan. Job Enrichment adalah pendekatan desain pekerjaan yang secara langsung menerapkan teori karakteristik pekerjaan untuk membuat pekerjaan lebih menarik dan meningkatkan motivasi kerja karyawan.
Job enrichment memberikan motivasi kerja bagi karyawan dengan memberi karyawan kesempatan untuk menggunakan berbagai kemampuan yang dimiliki karyawan. Dengan meningkatkan job enrichment, maka akan dapat meningkatkan pula motivasi kerja karyawan. Motivasi dapat ditingkatkan melalui berbagai cara, antara lain dengan memberikan job enrichment pada para karyawan.

Dengan meningkatkan job enrichment, maka akan dapat meningkatkan pula kepuasan kerja karyawan (Raza & Nawaz, 2011). Kepuasan kerja (job satisfaction) merupakan seperangkat perasaan pegawai tentang menyenangkan atau tidaknya pekerjaan (Umar, 2008). Kepuasan kerja karyawan dapat mempengaruhi kinerja karyawan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kinerja dari perusahaan itu sendiri.

B.    Metode
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan hubungan kausal.
C.    Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan yang bekerja di Pizza Hut Surabaya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah (a) probability sampling,  (b) cluster sampling.  Jumlah sampel yang akan diteliti  adalah sebesar 100 responden dari karyawan yang bekerja di Pizza Hut yang Outletnya berdiri sendiri  (bukan bagian dari mall).



D.    Definisi Operasional Variabel
Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah 1 variabel bebas ata independen (X), yaitu Job enrichment dan 2 variabel terikat atau variabel dependen (Y), yaitu Motivasi Kerja (Y1) dan Kepuasan Kerja (Y2).

E.    Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana.

F.     Hasil Penelitian Dan Pembahasan
Statistik Deskriptif Analisis statistik deskriptif memberikan gambaran suata data yang dilihat berdasarkan nilai rata-rata (mean). Mean adalah nilai rata-rata dari keseluruhan responden.


Berdasarkan data di atas, dari hasil jawaban responden diperoleh nilai rata-rata total variabel job enrichment sebesar 3.872, jadi kesimpulan yang didapat ialah karyawan Pizza Hut Surabaya secara keseluruhan menyatakan bahwa job enrichment dimana karyawan bekerja adalah baik.

G.    Pembahasan
Dari hasil penelitian di atas dapat dilihat bahwa Nilai Koefisien Korelasi (R) bertanda positif dengan nilai job enrichment juga bertanda positif hal tersebut menunjukkan bahwa job enrichment memiliki hubungan positif yang kuat terhadap motivasi kerja karyawan di Pizza Hut Surabaya hal ini berarti dengan memperhatikan job enrichment di Pizza Hut Surabaya maka akan dapat mempengaruhi motivasi kerja para karyawan pada Pizza Hut Surabaya dengan tingkat pengaruh yang tinggi, selain itu juga job enrichment memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi kerja para karyawan pada Pizza Hut Surabaya. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan meningkatkan job enrichment, maka akan dapat meningkatkan pula motivasi kerja karyawan di Pizza Hut Surabaya secara signifikan.

Job enrichment merupakan suatu pendekatan untuk merancang kembali pekerjaan guna meningkatkan motivasi instrinsik dan meningkatkan kepuasaan kerja. Pekerja diberikan kekuasaan atas pekerjaannya, karyawan dapat membuat pekerjaan karyawan menjadi lebih terspesialisir dan sederhana. Dari hal tersebut pekerja dapat mengembangkan kecakapan yang karyawan miliki. Selain itu, job enrichment mampu membuat pekerja menjadi termotivasi agar berhasil dalam mencapai kepuasaan kerja. Sebab dalam job enrichment disini pekerja melakukan pekerjaan dengan kemampuan karyawan sendiri. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Raza dan Nawaz (2011) dan Ongkowidjojo (2013) yang menyatakan bahwa job enrichment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja karyawan.



Nilai Koefisien Korelasi (R) bertanda positif dengan nilai job enrichment juga
bertanda positif hal tersebut menunjukkan bahwa job enrichment memiliki hubungan positif yang kuat terhadap kepuasan kerja karyawan di Pizza Hut Surabaya hal ini berarti dengan memperhatikan job enrichment di Pizza Hut Surabaya maka akan dapat mempengaruhi kepuasan kerja para karyawan pada Pizza Hut Surabaya dengan tingkat pengaruh yang tinggi, selain itu juga job enrichment memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja para karyawan pada Pizza Hut Surabaya. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan meningkatkan job enrichment, maka akan dapat meningkatkan pula kepuasan kerja karyawan di Pizza Hut Surabaya secara signifikan. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian Nugraha (2010) yang menyatakan bahwa job enrichment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja. Apabila job enrichment semakin tinggi, maka semakin meningkat kepuasan kerja.

Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa karyawan merasa cukup bebas dalam melaksanakan pekerjaan serta mudah mengevaluasi hasil kerja karyawan sendiri, kondisi seperti ini sangat diharapkan oleh karyawan, sehingga kepuasan kerja dapat ditingkatkan. Selain itu juga penelitian yang dilakukan oleh Raza dan Nawaz (2011) menunjukkan hasil bahwa job enrichment memiliki hubungan yang signifikan terhadap kepuasan kerja, hal ini berarti setiap perubahan yang dikarenakan adanya job enrichment dari perusahaan kepada para karyawannya akan mengubah pula kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan.

H.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian dan pembahasan, maka dapat di tarik kesimpulan, yaitu: Job enrichment berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi kerja. Hal ini berarti bahwa job enrichment yang tinggi dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan dan 103 Job enrichment berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja. Hal ini berarti bahwa job enrichment yang tinggi dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

I.     Saran
    a)          Bagi para akademisi dan pembaca untuk memperluas penelitian dengan mempertimbangkan daerah penelitian di tempat usaha atau perusahaan lain sehingga dihasilkan suatu informasi mengenai hubungan antara job enrichment terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja karyawan.
   b)     Melihat peranan job enrichment yang penting dalam memberikan motivasi kerja dan kepuasan terhadap karyawan. Pizza Hut Surabaya sebaiknya mempertahankan job enrichment yang sudah tergolong tinggi agar kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap perusahaan tetap tinggi, sehingga karyawan tetap memiliki kepuasan kerja yang tinggi terhadap pekerjaannya dan motivasi kerja tinggi. Di samping itu untuk mempertahankan job enrichment yang telah ada di Pizza Hut tersebut, manajemen Pizza Hut dapat mengatur pekerjaan karyawan seefektif mungkin sehingga karyawan dapat menyelesaikan aktivitasnya dengan akurat dan tepat waktu. Pizza Hut dapat meningkatkan kebebasan karyawan dalam bertanggung jawab dan memberi umpan balik atas kinerjanya sehingga karyawan dapat merasa dihargai dan dianggap salah satu bagian dari Pizza Hut.











DAFTAR PUSTAKA

Food Festifal Surabaya). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12(1), 100- 112.
Kartika, E.W. & Kaihatu, T.S. (2010, March). Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus pada Karyawan Restoran di Pakuwon
Porter, M.E. (2008). Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Tanggerang: Karisma Publishing Group.
Raza, M.A. & Nawaz, M.M. (2011, October). Impact of Job Enrichment on Employees;
Job Satisfaction, Motivation and Organizational Commitment: Evidence from Public Sector of Pakistan. European Journal of Social Sciences, 23(2), 220-226.
Umar, H. (2007). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar