Powered By Blogger

Sabtu, 22 Maret 2014

laporan observasi situs cilodong




LAPORAN OBSERVASI KERUSAKAN SITU CILODONG



DisusunOleh :

1.     BungaReski Lestari                    (11513820)
2.     Caesar Mars Christian P            (11513828)
3.     Edwin Rico Rudiansyah             (12513775)
      4.     Megah Purnamasari                             (15513394)
5.     NovieFatmaNilasari                   (16513551)
6.     NurFadillah Ami Santika           (19513781)
7.     Siti Amelia Hasanah                  (18513521)
8.     WidyaDjaati                               (19513267)
9.     Yogi AjiWibowo                        (19513467)




UNIVERSITAS GUNADARMA
2013/2014
1PA09





A.   LETAK SITU CILODONG

Situ Cilodongdilihatdaridepan
Situ cilodongterletak di KelurahanKalibaru, KecamatanSukmaja, Depok, Jawa Barat. Situ cilodongmemilikifungsiuntukmenjagapersediaan air atausebagaidaerahresapan air. Situ cilodongterletak di pinggirjalanabdulGani, selainsebagaidaerahresapan air situ cilodongjuga di manfaatkanwargasebagaitempatmengisiwaktuluangsepertimemancingatauhanyasekedarmenjaditempatberkumpuldanbermaindisekitar situ. Banyakpedagang kaki limaataumainananak-anak yang turutmeraupuntungdenganadanya Situ Cilodongini.


B.   KEADAAN DI SITU CILODONG
        
          Saat situ cilodongbersihdaridaritanamanencengdanteratai yang sebelumnyahampirmemenuhiseparuhluasdanau situ cilodongmemangcukupbisadikatakansangatindah,udara yang segarmembuatsayup-sayupmatamenjadingantuk. Para wargajugabisamemanfaatkansekeliling situ cilodong yang sudahdibuatjalancor yang cukupuntuksatubuahmobilwalaupunadasekitra 25 % jalan yang masihrusakdikarenakanconblok yang sudahlepasdisanasini. Tetapijalanitumasihbisadimanfaatkanwarga yang inginberolahragaatauhanyasekedarlaripagiatau sore disekitar situ cilodong. Menurutbeberapasumberdariinternet danpengumpulaninformasisecaralangsung kami mendapatkaninformasibahwa di situ cilodongjugapernahdipakai para atlit kayak dankanokotaDepokuntukberlatihpadaharisabtuatauminggu. Situ Cilodongpernahmengalamikerusakanpadatahun 2004 dimana air di situ cilodonginitelahtercemarlimbahberbahayatetapisudahdiperbaikidansekarangairnyasudahbebasdarilimbah. Kami jugamendapatakaninformasidariteman kami yang tinggal di daerah situ bahwa, Situ Cilodongdulunyapernahdikuras.Tetapitidak lama air di situ cilodongkembalitercemarlimbahpabrikplastik yang terletaktidakjauhdarilokasi situ cilodong. Dan masihbanyaksampah yang dibuangsembarangankedalam situ dipinggir situ terdapatbungkus-bungkusmakananringan yang mengganggukeindahan situ. Dan fasilitasumum yang adasepertitolitetumum di kawasan situ cilodong pun takluputdaripenelitian kami, toilet yang terlihat masihbaruternyatasangattidakterawatdidalam toilet begitukotordanbau yang tidaksedapterciumdaridalam toiletdanpintu toilet jugarusak.Tetapimeskipun situ cilodongmengalamibeberapakerusakansepertisampah yang berserakandimana-mana, saranaumum yang kurangmemadai, pencemaranlimbahdomestik, danmasihadabeberapakerusakanlainnyawargatetapmemanfaatkan situ cilodongsebagaisaranahiburan. Sepertipadasesiwawancara yang kami lakukankepadaseorangpenjualcilok yang tidakmau
Air yang tercampurdenganlimbahplastik
disebutkanidentitasnyaberikutini.

Tim observasi              : “Selamat sore bang?”
Narasumber                 : “Selamat sore dik.”
Tim Observasi             : “Maaf bang kami darimahasiswaUniversitasGunadarmainginmenanyakankegiatan yang seringdilakukanwarga di situ cilodongini ?”
Narasumber                 : “Oh silahkanneng….”
Tim Observasi             : “Apakahabangtahuberapaluaskeseluruhan situ cilodongini?”
Narasumber                 : “Luas situ cilodongitukuranglebih 9,5 Ha kedalamannya 3-8m”
Situ Cilodong yang penuhdengantanaman air
Tim Observasi             : “Biasanyawargakaloke situ cilodongitumaungapain yah bang?”
Narasumber                 : “Biasanyasihjalan-jalanajaadajuga yang memancingataularipagiatau sore neng.”
Tim Observasi             : “Ngomong-ngomongsoalmancing di situ cilodongadaikanapaaja ?”
Narasumber                 : “Disiniadaikannilasamaikanmujairkuning.”
Tim Observasi             : “Kalautanaman air yang ada di situ cilodongituadaapaaja yah?”
Narasumber                 : “Oh…ituadaterataineng.”
Tim Observasi             : “Kenapa air di situ cilodongkeruhdanagakberminyak yah bang,terusadabeberapaikan yang matijuga?”
Narasumber                 : “Iyaituberasaldarilimbahbuanganpabrik.”
Tim Observasi             : “Pabrikapa yah pak?”
Narasumber                 : “Pabrik plastic dekat situ neng.”
Tim Observasi             : “Oh iya bang situ cilodonginipernahmengalamipendangkalantidak?”
Narasumber                 : “Oh tidakneng, setahusayadaridulubelumpernahadapendangkalansegitu-gituajadalamnya.”
Tim Observasi             : “Ohsepertiitu,terimakasihya bangataswaktunya”
Narasumber                 : “Iyasama-sama.”

C.   KESIMPULAN

Situ cilodongkinimemilikifungsi lain selainsebagaitempatpenampungan air Situ Cilodongjugadigunakanwargasebagaitempatrekreasi. Dan takjarang di sore haribanyakanakkecil yang berenangataumandi di daerah Situ Cilodong. Tetapisayangnya Situ Cilodongkurangmendapatkanperhatian, banyakbagiandari Situ Cilodong yang rusakdantidakterawatsaranadanprasaranaumum yang adapuntidakdijagasertadigunakandenganbaik.

D.   KRITIK DAN SARAN

Penulisharapkansemogapemerintahlebihbaiklagidalammengelolah situ cilodong. Dan untuk para pengunjungdapatdenganbaikdalammemanfaatkan situ cilodongbaiksebagaitempatpenyimpanan air hujansementaraataupunsebagaitempatrekreasi. Demikianlahlaporan yang penulisbuatsemogadenganterwujudnyalaporaninipembacadapatmengetahuidanberbagiilmutentangbagaimanamerawatdanmenjagakelestarian situ cilodong.Dan selakupenulis kami menyadarimasihbegitubanyaknyakekuranganpadapenulisan kata dankalimat yang tidakjelas,mengerti,danlugas.Olehsebabitupenulismemohonmaafkepadaseluruhpembacauntukmemaklumiatassegalakekuranganmakalahini. Dan penulisberharapsedianyapembacaakanbertambahmotivasinyadandengansenanghatimemberikankritikserta saran pembaca,penulisdengansenanghatidanterbukauntukmenerimasertamendengarkankritikdan saran yang membangun yang datangnyadaridiripembaca. Sekianpenutuplaporaninisemogaberkenan di hatipembacadanpenulismengucapkanterimakasih.



























DAFTAR LAMPIRAN


Berikutkegiatanobservasi kami di situ cilodong :
Penampakan Situ yang penuhdengansampah

Kami mewawancaraisalahsatupemancing
Penampakan di tepi Situ Cilodong yang kotordanberantakan
Terdapatikan yang matikarenalimbah
 
                     












Tidak ada komentar:

Posting Komentar