Powered By Blogger

Senin, 31 Maret 2014

contoh proposal




BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Panti jompo adalah sebuah rumah atau tempat penampungan untuk manusia lanjut usia. Sebuah sarana dimana manula diberikan fasilitas, layanan 24 jam, jadwal aktifitas, dan hiburan yang dibutuhkan sesuai kebutuhan manula. Namun di bagian Negara Asia, panti jompo merupakan hal yang masih kurang diterima masyarakat dikarenakan pola pemikiran untuk menghormati yang lebih tua masih melekat dalam jiwa penduduk asia. Pada jaman ini, masyarakat telah memasuki era moderenisasi sehingga timbulnya perubahan-perubahan pola pikir dan sikap masyarakat. Salah satu dampak negatif moderenisasi adalah tumbuhnya sikap individualistik. Sikap ini menyebabkan masyarakat merasa tidak membutuhkan orang lain dalam beraktifitas, padahal manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Sehingga masyarakat cenderung bersaing mengejar tujuan pribadi. Hal ini menyebabkan waktu dan pikiran yang tersita. Ketika sikap ini dibawa kerumah, masing-masing individu akan lebih focus kepada keluarga inti. Sehingga bagian keluarga yang sudah mulai menua kurang mendapat perhatian dan perawatan dari anak cucu mereka. Keluarga yang tidak mampu merawat akhirnya menempatkan manula mereka di panti jompo. Tentunya hal ini membuat para manula merasa tersisihkan ketika harus ditempatkan ke tempat dengan bangunan dan fasilitas seadanya tersebut. Terkadang, bangunan dan fasilitas yang seadanya itu membuat para manula merasa tidak nyaman dan tidak betah. Namun seringkali karena tidak ada pilihan para manula merasa terpaksa dan tidak senang yang kemudian dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

1.2 Ruang Lingkup
Membahas batasan-batasan permasalahan dan penelitian pada perencanaan interior Panti Jompo.
1.2.1 Ruang Lingkup Permasalahan
1.      Bagaimana mempertahankan hidup selama masih di rumah bersama keluarga dan di Panti Jompo Tresna Werdha Budi Mulya?
2.      Bagaimana Pendidikan, hubungannya dengan Keluarganya sebelum di Panti Jompo?
3.      Bagaimana cara berinteraksi dengan lingkungan tempat tinggal bersama keluarga dan  dilingkungan tempat Panti Jomponya?
4.      Bagaimana Dia termotivasi dan mencapai puncak karirnya?
5.      Bagaimana pengalamannya melewati Dewasa awal, Dewasa Madya dan Dewasa Akhir?
1.2.2 Ruang Lingkup Penelitian
1. Kawasan Penelitian
Penelitian dilakukan pada Panti Jompo Trisna Werdha Budi Mulya yang berlokasi di Gandaria Selatan, Cilandak DKI Jakarta Selatan.
2. Batasan Penelitian
Batasan-batasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
1. Data
Meliputi data-data internal Panti Jompo Sint Melania
2. Fasilitas dan Aktifitas yang dilakukan
Meneliti fasilitas apa saja yang dibutuhkan oleh Panti Jompo Sint Melania dan aktifitas apa saja yang terjadi setiap harinya.
3. Survey Lokasi
Meliputi penelitian, pengamatan, dan pengambilan gambar Panti Jompo Trisan Werdha Bunda Mulya
4. Perilaku manula
Meneliti perilaku, kebiasaan, kebutuhan, dan flow activity yang biasa dilakukan manula dalam kesehariannya di Panti Jompo Sint Melania
1.3 Tujuan
Mencari tahu dan menanyakan pengalaman hidupnya dari sukses paada Masa Dewasa Awal sampai dengan Dewasa Dewasa akhir. Selain itu juga memberi kepercayaan pada manula dengan fasilitas panti jompo, suasana dan lingkungan yang baik dan terawat sehingga manula tidak perlu merasa ragu dan tersisihkan untuk tinggal di Panti Jompo.
1.4 Manfaat
1. Diharapkan dengan Observasi ini dapat bermanfaat bagi Manula yang merasa minder dan tersingkirkan oleh suasana keluarganya dan mendapakan semua kebutuhan dan segala informasi yang dibutuhkan.
2. Diharapkan dengan Observasi ini dapat bermanfaat untuk Mahasiswi/ Mahasiswa khusunya Jurusan Psikologi untuk menambah pengetahuan informasi yang terkait dengan panti jompo dan Psikis Manulanya.
3. Diharapkan dengan Observasi ini juga bermanfaat untuk mahasiswa/ mahasiswi jurusan Psikologi yang mengerjakan tugas berkaitan dengan panti jompo.
1.5 Metodologi Penelitian
1.5.1 Survey Lapangan
Melakukan survey ke Panti Jompo Trisna Werdha Budi Mulya sebagai studi kasus dan mencari pengalaman Manula nya yang tinggal di Panti Jompo tersebut, dan Survei lapangan tersebut dilakukan untuk mendapatkan informasi dan aktifitas Manula nya dan menambah Wawasan Mahasiswa tentang Dewasa awal sampai Dewasa Akhir
1.5.2 Wawancara
Melakukan wawancara dengan pihak pihak terkait dalam Panti Jompo serta Manula. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai pengalaman hidupnya di masa Muda, Pendidikan, keluarga serta cara Manula berinteraksi dengan lingkungan tersebut.  Selain itu juga mencari Informasi seperti jumlah kamar untuk manula, ruang perawatan, sarana, prasarana dan jumlah manula dan staf dapat diketahui dalam wawancara dari pihak Panti Jompo.
1.5.3 Observasi
Melakukan observasi untuk mengamati secara langsung tentang aktifitas yang biasa dilakukan manula dan staf Panti Jompo, dan mengamati fisik kondisi fisik bangunan Panti Jompo yang menjadi tempat peristirahatan Manula tersebut.
1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika Penulisan terbagi atas:
1.       BAB 1 – Pendahuluan.
Berisi tentang latar belakang pemilihan observasi, ruang lingkup permasalahan dan penelitian, tujuan dan manfaat, metodologi, dan sistematika penulisan. Latar belakang menjelaskan spesifikasi Panti Jompo  serta manula secara umum dan khusus.
2.       BAB II – Landasan Teori.
Berisi tentang tinjauan umum dan khusus. Tinjauan umum adalah tinjauan yang menjabarkan teori yang akan digunakan untuk membantu penelitian yang akan dilakukan. Penjelasan Panti Jompo secara umum dimulai dari fungsi, klasifikasi kegiatan dan aktifitas, fasilitas, persyaratan umum dan persyaratan fasilitas. Tinjauan khusus berisi data-data Manula yang berada di  Panti Jompo Trisna Werdha Budi Mulya yang dijabarkan lebih spesifik. Terkait dengan sejarah, visi misi, fasilitas-aktifitas dan lainnya.
3.       BAB III – Metode Perancangan
Berisi tentang penjabaran studi yang dilakukan secara literature dan survey dan mulai memasuki program proses desain interior. Dimulai dari studi fisik bangunan dan lingkungan, studi aktifitas manusia, studi fasilitas ruang dan studi permasalahan khusus interior.
4.       BAB IV – Simpulan dan Saran
Berisi kesimpulan dan saran dari penelitian yang dilakukan. Semua yang dijelaskan
dari bab 1-IIi. Akan diringkas dan disimpulkan di bab IV untuk mendapatkan hasil dari
semua data yang telah diteliti.

2 komentar: