Powered By Blogger

Jumat, 02 Mei 2014

analisi kasus yang berkaitan dengan kreatifitas


Nama           : Widya djaati
Npm             : 19513267
Kelas            : 1 pa09

Selasa, 25 april 2014


Kasus

Jika pada umumnya par simpatisan menyatakan dukungannya dengan datang dan ikut berpartisipasi dalam berkampanye calon yang dipilihnya, hal ini sedikit berbeda dengan simpatisan SBY yang satu ini. Dia adalah David Setiabudi. Simpatisan yang satu ini melakukan dukungan dengan cara membuat sebuah permainan komputer dengan tokoh sentralnya SBY.

Hal yang cukup menarik. Berbekal kemampuannya membuat permainan komputer, dosen desain grafis ini mengekspresikan dukungannya dengan membuat game "SBY Antikoruptor". "Karena nggak semua kalangan itu benar-benar dari klien yang milih, kadang-kadang ada orang suka komputer.

Dia berkata ah saya nggak mau coblos, banyak juga yang ngomong golput saja. Tapi, dengan adanya familiar karakter di game, dia juga pilih. Oh visi misi Pak SBY ditulis di game itu," tutur David seperti dikutip okezone dari RCTI, Senin (22/6/2009). Game yang dibuat oleh simpatisan SBY ini bercerita tentang perjuangan SBY memerangi koruptor yang disimbolkan dengan karakter tikus di desa maupun di kota.

David hanya memerlukan waktu seminggu untuk menciptakan game yang diakuinya terinspirasi game Obama saat Pilpres Amerika Serikat, tahun lalu. Game Obama terbilang populer di kalangan anak muda Amerika yang awalnya tidak peduli dengan pemilu. Jika para pembaca berminat untuk mencoba permainan ini, Game ini sendiri bisa diunduh secara gratis di www.divinekids.com

Analisis
Kreatifitas itu hal lumrah yang di miliki seorang individu, tanpa di sadari kreatifias itu telah ada di diri kita. Tapi kita tidak boleh salah menafsirkan antara bedanya bakat dan kreatif. Bakat itu ada sejak lahir. Sedangkan, kalau kreatifitas itu muncul di saat waktu yang tidak menentu, atau di sebut juga hal unik yang baru. Kasus simpatisan game SBY diatas, yang di pelopori atau ide dari David setia Budi,  seorang yang bersimpatis untu mendukung SBY, tetapi malas untuk mengikuti pemilihan umunya. menurut saya sangat kreatif dan bagus sekali. Pasti semua orang tau, korupsi dan pemilihan umum di Indonesia saat ini, yang baru saja kita lewati pemilihan umum caleg 2014 kemarin pada tanggal 9 april adalah pemilihan yang di tunggu-tunggu oleh masyarakat dan seluruh rakyat Indonesia, karena dengan terpilihnya calon legislative tersebut,masyarakat Indonesia mengharapkan perubahan nyata yang di janjikan oleh para para calon legislative, bukan hanya janji atau mimpi belaka.
Selain itu, korupsi di Indonesia untuk saat ini sangat marak-maraknya terjadi, seperti kasus gubernur Banten “ATUT” dan lain sebagainya, menjadikan banyak masyarakat dan para remaja bermalas-malasan untuk mengikuti atau bersama-sama menyambut pemilihan umum, di karena kan banyak kasus-kasus tentang korupsi. David juga patutdi aculi jempol, mengapa karena saat ini banyak sekali kalangan anak muda baik itu Indonesia sendiri atau luar negeri, sangat malas mengikuti pencoblosan pada saat pemilihan umum, bahkan mereka memilih golput. Karena, dengan alasan, mereka tidak tahu atau tidak kenal dengan orang yang mencalonkan diri sebagai CALEG ataupun Presiden, padahal kan suara dari remaja sangat penting buat kedepannya, walaupun itu cuman satu suara saja. Ide david tersebut, dapat membuat para remaja, dan masyarakat yang tadinya bermalas-malasan untuk mengikut pemilu, malah semangat untuk sama-sama menyambut pemilu, karena dengan adanya game tersebut. Remaja pun bersemangat, karena dalam game tersebut, terdapat permainan anti korupsi. Selanjutnya, remaja saat ini banyak atau sering menggunakan computer, karena permainan computer tersebut, dapat mengetahui apakah sesseorang tersebut korupsi atau tidak. Sehingga remaja yang tadinya malas untuk coblos,Golput di karena kan pemikiran lain muncul “ pasti yang gw pilih ini, ujung-ujungnya akan korupsi” dengan riang dan senang memainkan game tersebut, bahkan perilaku yang malas dan memilih golput telah hilang dengan sendirinya, dan akhirnya memilih untuk coblos.
Kreatif atau ide-ide baru harus selalu kita tanamkan dalam diri kita, karena sesuatu yang positif itu, baik, indah dan dapat memberikan manfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain. Menciptakan ide-ide baru tidak perlu dengan hal atau sesuatu yang begitu indah dan super waw, karena mengapa, jika menginginkan hal yang belum mungkin kita bisa melakukannya, maka sikap atau perilaku yang tadinya mungkin bisa untuk kita keluarkan dan kita wujudkan, bisa hilang di karenakan mengidam-idamkan sesuatu yang sulit untuk kita jalani. Demikianlah dengan ide David tersebut, yang menciptakan sesuatu yang unik, sederhana serta bermanfaat bagi semua orang khususnya para remaja yang enggan untuk melakukan pemilihan umum tersebut.
Semoga ide dan hal-hal unik selalu kita tanamkan dalam pribadi kita masing-masing. Amin




http://seputarindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar